Monday 1 August 2011

MARI KITA BEDAH MARKETING PLAN K-LINK : Komponen Pembentuk

Kali ini kita coba lebih spesifik membedah tentang marketing plan yang ditawarkan oleh K-Link International. Apa kelebihan dan apa kekurangannya bila dibandingkan dengan MLM lain serta bagaimana konsep marketing plan yang ditawarkan K-Link ini bisa dikategorikan sebagai sebuah konsep marketing plan yang adil dan menguntungkan semua pihak sehingga mendapat pengakuan dari DSN MUI.
Post tentang bedah marketing plan K-Link ini kami buat secara berseri, karena tidak mungkin untuk bisa menjabarkannya secara detail dalam 1 post saja, kenapa ? karena di K-Link terdapat 14 jenis komisi yang setiapnya memiliki karakteristik berbeda-beda.

BV, PBV, GBV dan PGBV

Sebelum mengintip lebih jauh tentang marketing plan K-Link, ada beberapa hal yang harus diketahui lebih dulu, yaitu komponen-komponen pembentuk marketing plan K-Link.
BV = Business Value Seperti layaknya bisnis yang lain, maka K-Link mendasarkan kemajuan bisnisnya dari omzet penjualan. Dimana komisi hanya akan dibagikan berdasar prestasi penjualan dari sang usahawan dan groupnya. Untuk setiap produk K-Link dikenal istilah BV atau Business Value, nilai BV ini akan dikreditkan ke akun mitra K-Link sebagai indikator prestasi penjualannya.
PBV = Personal Business Value Adalah akumulasi nilai BV dalam satu periode (satu bulan) penjualan
GBV = Group Business Value Adalah akumulasi dari BV seorang mitra K-Link dan seluruh mitra yang ada dalam jaringannya.
PGBV = Personal Group Business Value Adalah akumulasi dari BV seorang mitra K-Link ditambah dengan GBV dari kaki langsung-nya yang belum mencapai level manager. Ketika kaki langsung menjadi manager, maka GBV yang dimiliki oleh kaki yang bersangkutan tidak bisa diklaim sebagai PGBV yang bersangkutan.
Untuk mempermudah, silahkan lihat figure dibawah ini:
imageGambar di atas menunjukkan skema jaringan sebagai berikut:
Anda memiliki front line 3 orang dimana masing-masing memiliki jaringan dengan point belanja/penjualan sebagaimana tersebut gambar diatas. Untuk mudahnya kita sebut sebagai Frontline A, B dan C. Dan front line B telah mencapai level manager.
Pada bagian bawah gambar, dituliskan nilai-nilai yang dimiliki oleh setiap orang. Disitu bisa dilihat, anda mungkin memiliki GBV yang paling besar dalam jaringan anda, tetapi PGBV terbesar adalah dimiliki oleh FLine B dan FLine B juga adalah kontributor terbesar untuk GBV anda. Dalam hal ini, ketika kita membahas lebih jauh tentang bagaimana komisi dibagikan, kita akan melihat bagaimana FLine B mendapatkan komisi lebih besar daripada anda. Meskipun anda adalah atasan/upline/perekrut B dalam industri ini. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk bergabung dengan MLM K-Link. Apabila kita bekerja pada sebuah perusahaan, dan umumnya adalah demikian, seringkali (meskipun tidak selalu) ketika kita bekerja lebih keras dan lebih cerdas, tetapi yang mendapat kredit adalah atasan kita :)
Oke, cukup untuk saat ini tentang bedah marketing plan K-Link, pada post berikutnyakita akan membahas lebih detail lagi...

www.zonaclix.com

Zonaclix - A Place to Earn online!